sakit pinggang sebelah kiri dan sering kencing

Pinggang Kiri Sering Sakit Tanda Kena Batu Ginjal, Benarkah?

Munculnya batu ginjal pasti menimbulkan gejala yang membuat pengidapnya tidak nyaman. Terbentuknya batu ginjal sering disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan mengonsumsi suplemen atau obat-obatan dalam jangka panjang. Sebenarnya, batu ginjal bukan terletak pada ginjal. Batu ini biasanya berada di saluran kemih atau kandung kemih.

Ketika berada di saluran kemih, maka keluarnya urine pun dapat terhambat dan menimbulkan nyeri hebat. Ketika kondisi ini terjadi, benarkah sakit pinggang sebelah kiri menjadi pertanda adanya batu ginjal di dalam kemih? Ini penjelasannya.

Benarkah Pinggang Kiri Sakit Tanda Batu Ginjal?

Melansir dari Healthline, adanya batu ginjal ditandai dengan nyeri hebat di pinggang bawah sebelah kiri. Namun, batu ginjal yang masih berukuran kecil biasanya tidak menimbulkan gejala. Pinggang kiri mungkin mulai terasa sakit ketika ukuran batu semakin besar. Selain sakit pinggang, batu ginjal juga menimbulkan sejumlah gejala berikut ini:

  • Sakit saat buang air kecil;
  • Adanya kandungan darah dalam urine;
  • Muntah;
  • Mual;
  • Demam.

Perawatan Batu Ginjal

Perawatan batu ginjal biasanya disesuaikan dengan jenis dan seberapa besar ukuran batu. Obat penghilang rasa sakit biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengurangi rasa nyeri. Apabila timbul infeksi akibat bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Selain obat-obatan, berikut sejumlah opsi perawatan untuk mengatasi batu ginjal, yaitu:

1. Ureteroscopy

Ketika ada batu tersangkut di ureter atau kandung kemih, dokter biasanya menggunakan alat yang disebut ureteroscopy untuk menghilangkannya. Alat ureteroscope berbentuk kawat kecil yang dilengkapi kamera.

Alat ini dimasukkan ke dalam uretra dan diteruskan ke kandung kemih memecah batu dan mengeluarkannya. Jika batunya kecil, maka bisa dikeluarkan seluruhnya dari urine. Tapi, jika batu itu besar, maka batu tersebut harus dipecahkan menjadi potongan-potongan kecil. 

2. Lithotripsy

Lithotripsy menggunakan gelombang suara untuk memecah batu-batu besar menjadi ukuran yang lebih kecil agar mudah keluar melalui urine. Prosedur ini memerlukan anestesi ringan. Efek samping yang bisa timbul dari lithotripsy yaitu menyebabkan memar pada perut dan punggung serta pendarahan di sekitar ginjal dan organ-organ di sekitarnya.

3. Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL)

Penanganan ini berfokus pada batu ginjal yang berukuran kecil. Tindakan non invasif ini akan memecahkan batu yang ditembakkan dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut. Dengan begitu, pecahan batu menjadi halus dan dapat keluar bersama dengan urine. 

Selain itu, ketahui cara untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Batu ginjal dapat dicegah dengan rutin minum air minimal delapan gelas setiap hari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung oksalat tinggi dan mengurangi asupan garam dan protein hewani juga mampu menurunkan risiko batu ginjal.

7 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri tidak hanya karena otot yang tegang ataupun cedera otot, tetapi dapat menjadi indikasi dari adanya gangguan pada organ dalam, seperti ginjal dan pankreas.

Kelelahan karena mengangkat barang atau faktor usia selalu dijadikan ‘kambing hitam’ yang menyebabkan sakit pinggang. Anda perlu mewaspadai jika rasa sakit ini hanya muncul di satu sisi saja, misalnya sakit pinggang sebelah kiri.

Sakit pinggang seharusnya bukanlah kondisi yang gawat dan dengan beristirahat selama beberapa hari atau minggu, Anda sudah bisa beraktivitas kembali.Namun, sakit pinggang pada daerah tertentu yang terus-menerus muncul mungkin saja tidak disebabkan oleh otot yang menegang tetapi dapat disebabkan oleh hal lainnya. Penyebab umum dari sakit pinggang sebelah kiri adalah adanya cedera otot, sendi, atau ruas-ruas tulang belakang. Akan tetapi penyebab umum lainnya adalah adanya gangguan pada organ bagian dalam.

7 Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Sakit pinggang sebelah kiri tidak boleh disepelekan dan perlu untuk ditelusuri lebih lanjut. Berikut adalah penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang melibatkan organ dalam.

1. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal di sebelah kiri menyebabkan peradangan dan menimbulkan sakit pinggang sebelah kiri yang intens ataupun tumpul, berbeda dengan nyeri pinggang karena otot yang terasa tajam. Rasa sakit tersebut bertambah buruk saat ditekan atau saat penderita bergerak.  Gejala yang dirasakan selain sakit pinggang sebelah kiri adalah mual atau muntah, merinding, demam, sakit perut, frekuensi buang air kecil yang meningkat, urine yang berbau atau keruh, adanya nanah atau darah saat buang air kecil, dan sakit atau rasa panas saat buang air kecil.

2. Batu ginjal

Selain infeksi ginjal, sakit pinggang sebelah kiri dapat menjadi indikasi dari batu ginjal. Sakit pinggang sebelah kiri dirasakan saat batu yang berada pada ginjal sebelah kiri goyang atau bergerak melalui saluran dari ginjal ke kandung kemih (ureter).Saat mengalami batu ginjal, penderita tidak hanya merasakan sakit pinggang sebelah kiri tetapi juga rasa sakit saat buang air kecil, rasa sakit di perut, ataupun rasa sakit di testis pada pria.Gejala lain yang dialami adalah mual atau muntah, rasa sakit saat buang air kecil, kesulitan untuk buang air kecil, berkeringat, adanya darah di urine, dan infeksi saluran kemih.

3. Kolitis ulseratif

Tidak hanya karena adanya gangguan pada organ ginjal, sakit perut dan kram dapat terasa menjalar ke sebelah kiri juga dapat disebabkan karena adanya penyakit di organ usus besar atau kolitis ulseratif. Penyakit ini mengakibatkan iritasi dan peradangan pada usus besar.Kolitis ulseratif memunculkan rasa sakit di salah satu sisi perut dan pinggang, seperti sakit pinggang sebelah kiri. Penyakit ini menimbulkan feses yang mengandung darah atau nanah, diare, penurunan berat badan, dan rasa sakit di anus.Gejala lainnya adalah adanya keinginan yang tiba-tiba untuk buang air besar, demam, merasa lelah, dan pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak.

4. Kelainan ginekologi

Kelainan ginekologi berupa fibroid dan endometriosis dapat menimbulkan sakit pinggang sebelah kiri. Fibroid merupakan pertumbuhan tumor pada dinding rahim dan endometriosis merupakan pertumbuhan jaringan yang serupa dengan dinding rahim di bagian luar uterus.Rasa sakit yang diakibatkan oleh endometriosis biasanya menusuk dan tidak teratur serta diiringi dengan rasa sakit saat menstruasi, lelah, dan rasa sakit di perut.Sementara pada penyakit fibroid, penderita tidak hanya merasakan sakit pinggang sebelah kiri, penderita juga akan mengalami menstruasi yang abnormal, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan frekuensi buang air kecil yang meningkat.

5. Kehamilan

Kehamilan dapat menimbulkan sakit pinggang sebelah kiri karena bayi yang berkembang dalam tubuh sang ibu. Rasa sakit yang dirasakan bisa terasa tajam ataupun tumpul. Rasa sakit akibat kehamilan dapat ditangani dengan olahraga, istirahat, terapi, dan peregangan.

6. Pankreatitis

Gangguan organ lain yang dapat diindikasikan dengan sakit pinggang sebelah kiri adalah pankreatitis. Rasa sakit tersebut berasal dari perut bagian atas yang menjalar ke bagian pinggang.Rasa sakit yang dirasakan karena pankreatitis atau peradangan pada pankreas umumnya terasa tumpul dan bertambah parah saat makan, terutama saat mengonsumsi makanan yang tinggi lemak.Gejala lain yang dapat dialami adalah demam, penurunan berat badan, mual atau muntah, dan denyut nadi yang cepat.

7. Disfungsi sendi sakroiliaka (sakroiliitis)

Disfungsi sendi sakroiliaka atau sakroiliitis juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri.Di dalam tubuh terdapat dua sendi sakroiliaka, masing-masing terletak di sisi tulang belakang yang terhubungan dengan bagian atas panggul.Saat persendian ini mengalami peradangan, dunia medis mengenalnya dengan sebutan sakroiliitis. Jika sakit pinggang sebelah kiri yang Anda alami terjadi akibat sakroiliitis, maka rasa sakitnya dapat semakin terasa jika sedang:

  • Berdiri
  • Menaikki tangga
  • Berlari
  • Mengangkat beban berat
  • Mengambil langkah besar.

Disini Kami Merekomendasikan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli Yang Dapat Membantu Masalah Sakit Pinggang Dan Mencegahnya Dari Sakit Pinggang. Mengapa Alat Terapi Pinggang Asli ? Karena ALat Terapi Pinggang Lysmelora Asli Mengandung Batu Tourmalin yang Memiliki Kemampuan Luar Biasa Untuk Menjadi Sumber Muatan Listrik Yang Mampu Memancarkan gelombang Inframerah dan Ion Negatif. Saat Ini Telahh Di Ketahui Sebagai Fakta batu Tourmalin Dapat membantu Proses Detoksifikasi Tanpa Terlihat . Jaga Kesehatan Anda Dengan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli.