Sakit Pinggang Sebelah Kanan Pada Wanita

Mengenali penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita penting dilakukan. Sebab, sakit pinggang ini lebih sering menyerang wanita. Entah itu karena kelebihan berat badan, sering mengangkat barang berat, dan terlalu lama duduk.

Wanita yang lebih berisiko mengalami sakit pinggang, yakni yang sudah berusia 30-an. Penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita tidak hanya karena gangguan ringan. Melainkan bisa karena gangguan sistem reproduksi wanita maupun karena infeksi bakteri.

Masalah reproduksi dan infeksi penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita inilah yang harus lebih diwaspadai. Bisa jadi, sakit pinggang kanan yang dialami menjadi sebuah tanda adanya penyakit tertentu. Jika dirasa sakit pinggang sudah mulai parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Irritable bowel syndrome termasuk penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita bisa karena radang usus buntu. Gangguan sistem pencernaan ini akan memengaruhi kerja usus besar. Kontraksi otot di bagian usus besar juga akan bermasalah.

Penyakit ini biasanya muncul saat remaja. Gejalanya juga akan muncul pada usia yang lebih tua. Penyakit ini juga akan lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria. Pemicunya bisa karena kebiasaan makan, diet, infeksi saluran pencernaan, dan stres.

Masalah Tulang Belakang

Masalah pada tulang belakang bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Masalah tulang yang dialami, yakni cedera ligamen, otot kaku, dan degenerasi tulang belakang.

Degenerasi tulang belakang terjadi ketika tulang belakang mulai keropos. Wanita yang berisiko mengalami ini adalah yang sudah berusia lanjut. Terkadang juga bisa karena kelebihan berat badan atau obesitas. Tulang belakang yang lemah akan berdampak pada sakit pinggang sebelah kanan.

Lumbar disc syndrome juga menjadi penyebab nyeri pinggang sebelah kanan. Gangguan ini dipicu oleh postur tubuh yang tidak benar. Postur tubuh yang tidak benar bisa menyebabkan berkurangnya fungsi diskus tulang rawan punggung.

Radang Usus Buntu dan Masalah Otot

Radang Usus Buntu

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita bisa karena radang usus buntu. Radang ini ditandai dengan sakit pinggang kanan selama beberapa hari. Tidak hanya sakit, tetapi juga disertai hilangnya nafsu makan, mual, muntah dan demam.

Usus buntu bisa menyerang segala usia, apalagi wanita. Namun, kebanyakan terjadi pada usia 10 sampai 30 tahun. Nyeri yang dialami dimulai dari bagian atas pusar dan sisi kanan bawah perut selama satu sampai dua hari.

Sebagian orang yang mengalami usus buntu akan merasakan sakit di sisi kanan. Sakit ini juga akan menetap dan semakin parah apabila bergerak. Area di sebelah kanan inilah yang mengakibatkan sakit pinggang di sebelah kanan.

Masalah Otot

Masalah otot bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita bisa karena radang usus buntu. Seperti otot pada bagian lain, otot punggung juga bisa mengalami gangguan. Bisa mengalami cedera dan kaku. Gejalanya, yakni kram/kedutan otot yang mendadak dan tidak bisa dikendalikan. Pinggang menjadi terasa sakit ketika digunakan untuk berjalan, berdiri, dan membungkuk.

Gangguan Empedu dan Radang Panggul

Gangguan Empedu

Gangguan pada empedu bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Sebab, saat kantung empedu mengalami peradangan rasa sakit akan menjalar sampai pinggang sebelah kanan. Beberapa yang mengalaminya akan merasakan sensi mual dan ingin muntah.

Radang Panggul

Radang Panggul menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Peradangan ini terjadi pada sistem reproduksi dan saluran kemih wanita. Tepatnya pada rahim, ovarium, saluran tuba, dan uretra. Ketika mengalami peradangan, wanita akan lebih sering mengalami nyeri pada sisi kanan pinggang dan perut. Penyakit ini umumnya disebabkan melalui hubungan seksual.

Sakit Ginjal

Salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yakni sakit ginjal. Sebab, ginjal manusia terletak di kedua sisi tulang belakang. Tepatnya berada di bawah tulang rusuk. Ginjal sebelah kanan terletak sedikit lebih rendah daripada ginjal kiri. Jika terjadi infeksi, peradangan, iritasi pada ginjal sebelah kanan, maka akan terjadi sakit pinggang di sebelah kanan.

Bisa juga karena batu ginjal. Batu ginjal ditandai dengan adanya kerikil yang mengendap di ginjal. Kerikil ini terbentuk dari mineral dan garam dari urin. Batu yang menempel pada ureter menyebabkan nyeri hebat di punggung, pinggang, perut bagian bawah, hingga selangkangan.

Kista Ovarium

Kista ovarium menjadi salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Hal ini terjadi karena kantong cairan terbentuk pada bagian ovarium. Kondisi ini memang tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya.

Kista ovarium hanya akan parah jika kantong retak, membesar, dan menutup darah menuju ovarium. Saat hal ini terjadi, maka sakit pinggang sebelah kanan yang dialami harus mendapat prosedur pengangkatan kista.

Untuk Mengatasi sakit pinggang karena masalah otot pinggang kami disini merekomendasikan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Yang Asli. Alat Terapi Pinggang Lysmelora Mengandung Batu Tourmalin Dan Sinar Infrared Merah Yang Sangat Bagus Untuk membantu Menyembuhkan Sakit Pinggang. Alat Terapi Pinggang Lysmelora Sangat Aman Dan Nyaman Di Gunakan Karena Tanpa Efek Samping.Untuk Info Alat Terapi Pinggang Lysmelora Silahkan Klik Disini -> Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli