Sakit Pinggang Belakang Kanan

Sakit pinggang belakang di bagian kanan tidak boleh diremehkan. Sebab, terdapat berbagai macam penyakit yang berpotensi menyebabkannya. Maka dari itu, kenalilah penyebab dan cara mengatasinya ini!

Sakit pinggang belakang sebaiknya jangan disepelekan, apalagi jika kondisi ini terus-menerus terjadi pada Anda. Sebab, ada banyak kemungkinan penyakit yang berpotensi menyebabkannya. Sakit pinggang belakang dapat terjadi pada sisi pinggang, baik kiri maupun kanan. Berikut adalah penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi sakit pinggang belakang kanan ini.

9 penyebab sakit pinggang belakang kanan

Masalah pada tulang belakang, otot, tendon, dan ligamen menjadi penyebab umum sakit pinggang belakang kanan. Tidak hanya itu, penyakit organ dalam, seperti batu ginjal atau radang usus buntu, juga dapat menyebabkannya.

1. Otot keseleo dan tegang

Otot keseleo dan tegang adalah penyebab paling umum munculnya rasa nyeri pada pinggang bagian kanan belakang.Keseleo biasanya terjadi saat ligamen di punggung meregang atau robek, sedangkan ketegangan otot bisa terjadi akibat otot atau tendon punggung mengalami cedera. Mengangkat benda berat atau melakukan gerakan tiba-tiba juga bisa menyebabkan otot keseleo dan tegang.Sebenarnya, tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri saat mengalami keseleo atau tegang. Namun, jika rasa sakitnya tak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi ibuprofen dan melakukan terapi fisik.

2. Radikulopati

Radikulopati terjadi saat saraf di bagian tulang belakang terjepit. Selain menyebabkan sakit pinggang belakang di bagian kanan, kondisi ini juga bisa mengakibatkan kelemahan dan mati rasa.Untuk mengobati radikulopati, dokter perlu tahu dulu apa penyebabnya. Umumnya, obat-obatan antiradang dapat dikonsumsi untuk meredakan gejalanya. Dalam kasus yang lebih serius, suntikan steroid diperlukan untuk mengatasi peradangan dan mengurangi rasa nyeri.

3. Stenosis tulang belakang

Stenosis tulang belakang terjadi akibat adanya penyempitan ruang di tulang belakang Anda. Kondisi ini dapat memberikan tekanan pada saraf yang terletak di sana. Stenosis tulang belakang umumnya berdampak pada punggung bawah dan leher.Untuk mengatasi masalah ini, dokter dapat memberikan obat-obatan pereda nyeri, antidepresan, antikonsulvan (antikejang), hingga opioid untuk meredakan gejala-gejala stenosis tulang belakang.Dalam beberapa kasus, stenosis tulang belakang harus diobati dengan terapi fisik, suntikan steroid, hingga prosedur operasi.

4. Degenerasi diskus intervertebralis

Degenerasi diskus intervertebralis adalah kondisi umum yang terjadi akibat diskus penopang tulang di tulang belakang mengalami degenerasi.Degenerasi ini menyebabkan adanya gesekan antara tulang belakang sehingga gejala nyeri di punggung dapat muncul. Rasa nyerinya bahkan bisa menyebar ke leher, tangan, dan kaki.Degenerasi diskus intervertebralis dapat diatasi dengan terapi fisik, suntikan steroid, rizotomi facet (menyuntik sendi untuk mengurangi rasa nyeri), obat-obatan pereda nyeri, hingga prosedur operasi.

5. Infeksi

Infeksi juga bisa menyebabkan nyeri punggung belakang kanan. Misalnya, jika infeksi menyerang bagian sumsum tulang belakang, panggul, hingga diskus intervertebralis, maka nyeri punggung bagian bawah dapat terjadi.Pengobatannya bermacam-macam, sesuai dengan penyebab dari infeksinya. Biasanya, antibiotik akan diberikan jika infeksinya disebabkan oleh bakteri.

6. Endometriosis

Endometriosis terjadi saat jaringan tubuh yang biasanya melapisi rahim, tumbuh di luar rahim. Ada kemungkinan jaringan ini tumbuh di sisi kanan perut sehingga menyebabkan rasa sakit di area tersebut.Tidak ada obat untuk menyembuhkan endometriosis, tapi beberapa pengobatan dapat meredakan gejalanya. Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan pereda nyeri seperti acetaminophen. Selain itu, terapi hormon dan prosedur operasi mungkin juga direkomendasikan.

7. Tumor tulang belakang

Tumor tulang belakang juga bisa menyebabkan sakit pinggang belakang di bagian kanan. Penyebab munculnya tumor tulang belakang masih belum diketahui, tapi para ahli percaya bahwa pertumbuhan sel kanker yang agresif bisa menyebabkannya.Keberadaan tumor ini dapat memberikan tekanan pada tulang belakang dan saraf di sekitarnya, jadi tidak heran kalau penderitanya merasakan rasa sakit pinggang di bagian belakang.Biasanya, tumor tulang belakang dapat diatasi dengan terapi radiasi, obat-obatan kemoterapi, atau prosedur operasi pengangkatan tumor.

8. Batu ginjal

Batu ginjal adalah gumpalan mineral kecil dan padat yang bisa muncul di salah satu atau kedua ginjal. Jika bentuknya kecil, batu ginjal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit saat dikeluarkan. Namun, batu ginjal berukuran besar akan terasa sakit saat dikeluarkan.Jika batu ginjal muncul di bagian ginjal kanan, maka sakit pinggang belakang kanan bisa terjadi. Perlu diketahui, batu ginjal harus segera dikeluarkan oleh dokter. Dalam beberapa kasus, dokter akan melakukan prosedur operasi untuk mengeluarkannya.

9. Radang usus buntu

Usus buntu yang mengalami peradangan ternyata dapat menyebabkan munculnya rasa sakit di bagian pinggang bawah. Setiap orang yang mengalaminya harus segera memeriksakan dirinya ke rumah sakit dan melakukan operasi pengangkatan usus buntu.Radang usus buntu umumnya terjadi saat usus buntu terhambat oleh sesuatu, seperti feses, benda asing, atau bahkan kanker. Penyumbatan usus buntu juga bisa terjadi akibat infeksi.

Maka Dari Itu Disini saya merekomendasikan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli. Kenapa Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli ? … Karena, Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli Mengandung Batu Tourmalin Yang Memiliki Kemampuan Luar Biasa Untuk Menjadi SUmber Muatan Listrik Yang Mampu Memancarkan Gelombang Inframerah Dan Ion Negatif. Saat Ini Telah Di Ketahui Sebagai Fakta¬† Batu Tourmaline Dapat Membantu Proses Detoksifikasi Tanpa Terlihat. Makan Dari Itu Untuk Mencegah Dan Mengobati Sakit Pinggang Selalu Gunakan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli…