12 Penyebab Sakit Pinggang di Sebelah Kanan

Gejala yang ditunjukkan tubuh bisa memberi sinyal ada yang tak beres dalam tubuhmu. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah sakit pinggang yang bikin tak nyaman dan membatasi gerak saat beraktivitas. Bila sering sakit pinggang di sebelah kanan, apa kira-kira penyebabnya?

Melansir Medical News Today, sakit pinggang di sebelah kanan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari masalah otot, tulang punggung, hingga masalah di organ dalam. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mengamati separah apa sakit yang dirasakan atau di mana lokasi pasti rasa sakit tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang perlu kamu tahu.

  1. Keseleo

Rasa sakit pinggang kanan paling sering terjadi akibat keseleo. Otot bisa jadi terlalu tertarik karena putaran tulang belakang yang terlalu lebar, atau karena mengangkat beban berat dengan posisi salah.

  1. Radikulopati

Menurut keterangan dari Johns Hopkins Medicine, radikulopati adalah masalah terjepitnya sistem saraf yang terdapat di ruas tengah tulang belakang. Penanganannya beragam, tergantung apa penyebab utamanya.

  1. Stenosis tulang belakang

Kondisi ini terjadi ketika ruang di sekitar sumsum tulang belakang menyempit dan memberi tekanan pada tulang belakang dan saraf. Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, penyebab umum munculnya masalah ini adalah akibat radang sendi (artritis) karena degenerasi.

  1. Infeksi

Infeksi bakteri bisa jadi penyebab rasa sakit di pinggang kanan. Ada kemungkinan sumsum tulang belakang, panggul, atau diskus intervertebralis terinfeksi dan menyebabkan nyeri punggung bawah.

Mungkin juga bakteri mencapai ginjal dan menyebabkan infeksi. Ginjal berada di punggung bawah sebelah kanan.

  1. Endometriosis

Melansir Healthline, endometriosis adalah kondisi jaringan rahim tumbuh di luar rahim, sering kali di ovarium dan tuba falopi. Jika jaringan tumbuh di ovarium atau tuba falopi sebelah kanan, itu bisa mengiritasi organ dan jaringan di sekitarnya dan menyebabkan nyeri kram yang menyebar dari depan dan samping tubuh ke belakang.

  1. Tumor spinal

Tumor spinal bisa tumbuh di sumsum tulang belakang atau tulang belakang. Meski penyebab pasti tumor spinal belum diketahui pasti, tetapi pada beberapa kasus, tumor bisa merupakan akibat sel kanker yang berkembang biak secara agresif. Tumor dapat memberi tekanan pada tulang belakang dan saraf di sekitarnya, sehingga menyebabkan sakit pinggang baik di sebelah kanan maupun kiri.

  1. Batu ginjal

Batu ginjal adalah mineral padat yang berkumpul di ginjal. Bila ukuran batu tersebut kecil, mungkin tak akan terasa menyakitkan. Namun, bila ukurannya cukup besar, penderitanya akan kesakitan.

Bila batu ginjal terbentuk di ginjal bagian kanan, ini dapat menyebabkan rasa sakit di area pinggang sebelah kanan.

  1. Radang usus buntu

Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu, yang merupakan kantong kecil di sebelah usus besar. Infeksi ini membuat usus buntu jadi membengkak. Kamu mungkin akan merasakan sensasi penuh dan bila diraba terasa lebih lembut perut, dimulai di area dekat pusat dan secara bertahap meluas ke sisi kanan.

Nyeri sering kali memburuk saat bergerak atau ketika menekan area perut yang nyeri. Rasa sakit juga bisa meluas ke punggung hingga selangkangan.

Gejala selain sakit pinggan bagian kanan yang harus diwaspadai adalah diare, muntah, mual, dan demam. Penanganannya melibatkan operasi untuk mengangkat usus buntu yang meradang tersebut.
 
  1. Masalah empedu

Empedu adalah organ yang berfungsi mencerna lemak. Karena letaknya yang berada di sebelah kanan tubuh, masalah pada empedu ini bisa memicu rasa sakit di pinggang sebelah kanan.

  1. Efek pascaoperasi

Bisa jadi pula rasa sakitmu tersebut merupakan efek dari operasi yang baru dilalui. Seharusnya ini akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Namun, bila tak kunjung hilang atau intensitas nyeri meningkat, konsultasikan dengan dokter.

  1. Masalah di pankreas dan hati

Pankreas dan hati terletak di area perut bagian kanan, tepat di bawah tulang rusuk. Kadang, keluhannya bisa menjalar ke belakang dan menimbulkan nyeri pinggang sebelah kanan.

Beberapa masalah yang bisa memengaruhi kedua organ tersebut, seperti gangguan di saluran empedu, infeksi, kondisi autoimun, dan sebagainya. Gejala lainnya yang harus diwaspadai adalah urine berwarna gelap, feses berwarna pucat, mual dan muntah, serta mata menguning.

  1. Kolitis ulseratif

Kolitis ulseratif adalah peradangan pada usus besar (kolon) dan bagian akhir usus besar yang tersambung ke anus (rektum). Kondisi ini biasanya menyebabkan diare berkelanjutan, yang mana dapat mangandung darah atau nanah. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut dan kram yang dapat menjalar ke salah satu atau kedua sisi punggung.

Gejala lainnya yang perlu diwaspadai adalah hilangnya nafsu makan akibat mual, sering bolak-balik ke kamar mandi, penurunan berat badan, kelelahan, demam, dan anemia.

Bila kamu mengalami sakit pinggang dengan intensitas nyeri yang parah, persisten, atau rasa sakitnya terus memburuk, jangan menunda-nunda untuk konsultasi dengan dokter. 

Kamu juga sangat dianjurkan untuk mencari pertolongan medis bila sakit pinggang sebelah kanan yang dialami juga disertai gejala seperti rasa sakit saat buang air kecil; warna urine keruh, terdapat darah, atau baunya menyengat; ada darah atau nanah di tinja, demam, mual, muntah, nyeri selama atau setelah seks, nyeri parah di pangkal paha, dan siklus haid yang tidak teratur.

Jadi, jangan meremehkan sakit pinggang sebelah kanan, ya, karena bisa saja itu adalah tanda adanya kondisi serius.

Untuk Menjaga Kesehatan Pinggang Gunakan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli Selalu Dalam Melakukan Aktifitas Untuk Mencegah Dari Sakit Pinggang Dan Apa Bila Sakit Pinggang Sudah Terjadi Percayakan Dengan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli Untuk Membantu Menyembuhkan Sakit Pinggang.

Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli Mengandung Batu Tourmalin yang Memiliki kemampuan Luar Biasa Untuk Menjadi Sumber Muatan Listrik Yang Mampu Memancarkan Gelombang Inframerah Dan Ion Negatif. Saat ini Telah Diketahui Sebagai Fakta Batu Tourmaline Dapat Membantu Proses Detoksifikasi Tanpa Terlihat. Cegah Dan Atasi Masalah Sakit Pinggang Dengan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli.