Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang

17 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Efektif

Rasa sakit pada punggung bagian bawah, di salah satu sisi pinggang atau keduanya merupakan salah satu gejala low back pain yang berbahaya jika diabaikan.

Banyak faktor yang menyebabkan sakit pinggang, salah satunya adalah karena terjadinya cedera otot atau sendi pada area pinggang. Beberapa penyebabnya sendiri adalah karena gangguan organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang. Selain itu alasan lainnya karena Anda suka mengangkat benda berbobot berat, hingga posisi duduk yang terlalu lama atau salah. 

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara mengatasinya?

Namun sebelum membahas lebih dalam, mari cari tahu gejala dari sakit pinggang terlebih dahulu. Agar Anda dapat lebih mudah mendeteksi dan mengatasinya dengan cepat.

Kenali Gejala Sakit Pinggang

Melansir dari situs kesehatan terpercaya dalam dan luar negeri, sangat jelas jika ada beberapa gejala sakit pinggang yang umumnya terjadi dan penyebab yang berbeda-beda

  1. Merasakan nyeri yang menjalar dari pinggang ke bokong hingga kaki.
  2. Pinggang seperti ditusuk, pegal dan kaku.
  3. Rasa sakit yang meningkat jika duduk terlalu lama atau saat malam hari.
  4. Ada bagian tubuh yang sulit bergerak akibat nyeri di pinggang
  5. Sakit kadang memburuk di malam hari atau saat duduk terlalu lama.
  6. Pinggang merasa sakit jika mengangkat benda berat, berjalan dan membungkuk. 
  7. Mati rasa atau tungkai lemas pada letak saraf yang terjepit.

Pada gejala ringan penderita akan mengalami rasa sakit hanya berlangsung dalam beberapa hari saja atau dalam hitungan minggu, namun untuk beberapa kasus ada yang merasakan lebih dari tiga bulan.

Umumnya penderita dengan gejala yang lebih tinggi akan merasakan hilangnya fungsi air kecil atau besar, kebas, sakit yang luar biasa, hingga sulit berjalan. Jika ini terjadi maka ini saatnya untuk menghubungi dokter.

17 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Efektif

Berikut ini adalah informasi penting untuk meredakan rasa ngilu yang berlebih

Rajin Beraktivitas

Salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengurangi sakit pinggang adalah dengan melakukan olahraga secara rutin minimal 20 menit per/hari. Jangan memaksakan diri pada tahap awal, yang penting biasakan badan terlebih dahulu pada minggu pertama, setelah itu di minggu kedua barulah memulai olahraga yang intens. 

Berbagai jenis olahraga dapat Anda lakukan, mulai dari yang ringan seperti yoga, berenang, atau pilates hingga bersepeda. Namun jika nantinya sudah terbiasa maka kombinasikan dengan jenis olahraga yang lebih berat. Perlu diingat untuk jenis olahraga ini hanya boleh dilakukan 2 hari sekali. 

Dengan cara ini Anda bukan saja dapat mengatasi sakit pinggang, akan tetapi juga membuat badan lebih sehat dan menghilangkan lemak membandel dalam tubuh. Serta membantu menguatkan otot pinggang.

Mengurangi Mengangkat beban

Faktor lainnya yang menyebabkan mengapa Anda bisa mengalami low back pain adalah kebiasaan mengangkat beban yang berlebihan. Hindari mengangkat beban yang berlebihan, terutama jika sudah melebihi kapasitas yang dianjurkan.

Selain itu perhatikan posisi mengangkat beban yang benar. Mulailah dengan posisi jongkok terlebih dahulu, dan bukan membungkuk. Jadi jika memiliki permasalahan ini cobalah untuk meminta bantuan orang lain, atau menggunakan bantuan media.

Jaga Berat Badan yang Ideal

Untuk mencegah tekanan berlebih pada tulang belakang, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dengan porsi yang secukupnya. Bahkan sekalipun ketika menyantap makanan kesukaan Anda. Karena tanpa disadari berat badan berlebih menjadi salah satu pemicu rasa nyeri, yang dimana sering diabaikan oleh kebanyakan orang.

Penuhi Asupan Kalsium dan Vitamin

Penyebab lainnya mengapa Anda terus merasakan nyeri pada bagian pinggang, mungkin saja karena kurangnya asupan makanan sehat yang kaya akan kalsium serta vitamin D, yang membuat tulang kuat dan mencegah osteoporosis.

Beberapa jenis makanan alami yang mengandung kalsium dan vitamin D misalnya telur, almond, yoghurt, susu, dan brokoli

Mengompres Pinggang

Menjadi cara alternatif sementara yang mampu mengurangi peradangan dan sakit pinggang secara efektif hingga meningkatkan peredaran darah.

Kombinasikan kompresan dingin dan panas secara bergantian saat mengalami gejala awal pada minggu pertama.

Hindari Berbaring Terlalu Lama

Banyak orang yang aktivitas sehari harinya di dominasi dengan berbaring pada tempat tidur, jika kamu adalah salah satunya maka cobalah untuk lebih banyak bergerak agar otot tidak kaku. Akan tetapi jika sakit pinggang semakin menjadi Ruppers boleh berbaring sebenatar

Melakukan Peregangan

Tahukah kamu kalau penyebab ras sakit yang timbul terjadi salah satunya karena otot paha yang tegang, dan untuk mengatasinya lakukan stretching secara rutin. Jangan memaksakan diri saat melakukan peregangan, cukup lakukan perlahan.

Diet Sehat

Cara mengatasi sakit pinggang berikutnya adalah dengan menurunkan berat badan secara sehat, dengan berolahraga dan memilih makanan sehat. Pasalnya bobot tubuh yang berlebih memberikan beban lebih pada tulang belakang dan memicu rasa sakit.

Meningkatkan Hormon Endrofin

Hormon endorfin adalah hormon yang membantu agar sinyal rasa sakit tidak menuju otak. Memiliki fungsi untuk mengurangi rasa cemas, depresi, hingga sakit pinggang. Untuk meningkatkannya lakukan pijat, olahraga dan meditasi.

Jangan Lupa BahagiaJangan Lupa Bahagia

Suasana hati yang baik dan melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat membuat mood lebih baik dan menguransi rasa sakit yang berlebihan loh! Jadi meskipun harus bekerja seharian atau dalam tekanan, cobalah untuk melakukan aktivitas positif yang membuat hati bahagia.

Tempelkan Koyo

Untuk meredakan ngilu yang berlebihan gunakan koyo untuk meredakannya. Cara ini sangat mudah dilakukan siapa saja, dan koyo dapat ditemukan dengan mudah karena sudah dijual bebas pada toko-toko terdekat.

Menggunakan Krim Anti Nyeri

Selain koyo cara lainnya yang bisa dicoba adalah menggunakan krim anti nyeri yang sudah dijual bebas. Carilah krim dengan kandungan capsaicin yang mampu mengatasi osteoarthiritis, atau krim menthol yang sejuk pada kulit.

Meditasi & Yoga

Saat merasakan ngilu berlebihan tentunya akan juga berpengaruh pada emosi seseorang, sehingga untuk mengatasinya lakukan metode relaksasi yang membuat pikiran mengganti fokusnya terhadap hal-hal yang lebih positif.

Minum obat

Kandungan paracetamol, naproxenm ibuprofen menjadi cara mengatasi sakit pinggang dengan gejala yang lebih berat, dan dapat menghambat produksi prostaglandin, yang merupakan penyebab sakit pinggang.

Mengonsumsi Obat Herbal

Selain obat sakit pinggang yang ada pada apotik, alternatif lainnya adalah mengonsumsi obat herbal yang berasal dari tanaman.

  • Jahe: Mengandung phytochemical yang dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan. Untuk membuatnya iris jahe dan cabe tipis, tambahkan alkohol 75% kemudian fermentasikan selama dua minggu dan oleskan.
  • Kunyit: kandungan curcumin efektif sebgai antiperadangan, namun bukan obat yang berfungsi untuk waktu panjang. Jika perlu lakukan konsultasi pad dokter terlebih dahulu.
  • Bawang Merah: mengandung komponen aktif yang baik untuk kesehatan seperti glikosida, alkaloid, steroid, fenolik dan zat tannin. Sementara itu untuk membuatnya campurkan akar bawang merah, kurma cina dan jahe merah, kemudian rebus hingga setengah bagian dan konsumsi.
  • Daun sirsak: pengobatan tradisional yang amupuh mengatasi sakit pinggang, jika bicara cara membuatnya sangat mudah cukup rebus 20 lembar daun daun sirsak, dan minum setiap hari.
  • Kumis Kucing: memiliki zat kima saponin, sinensetin, mioinositol yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Sementara itu cara membuatnya campurkan bahan- bahan akar jahe, kunyit, tanaman jenggot, lalu rebus dan diamkan satu malam sebelum mengonsumsinya.
  • Rambut Jagung: bahan yang bisa menjadi popcorn, ternyata juga obat alami sakit pinggang. Untuk membuatnya tambahkan adas, jahe merah, buah takokak bersamaan saat merebusnya dan minum selagi hangat.
  • Bawang putih: mengandung vitamin, kalsium, serta allicin yang bermanfaat untuk kesehatan. Cara membuatnya mudah cukup masukan bahan-bahan seperti cabai, jahe, larutan alkohol dan bawang putih, fermentasi selama dua minggu dan oleskan.

Berdiri dan Bergerak

Untuk kamu yang bekerja di belakang meja cenderung berpotensi sakit punggung bagian bawah yang lebih besar, sehingga atur posisi duduk seperti tidak membungkuk dan berdiri setiap 20 menit sekali.

Tapi jangan Khawatir Di Sini Kami Merekomendasikan Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli Yang Dapat Membantu Menyelesaikan Masalah Sakit Pinggang Anda. Mengapa Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli ?

y.. Karena Alat Terapi Pinggang Lysmelora Asli Mengandung Batu Tourmaline Yang Memiliki Kemampuan Luar Biasa Untuk Menjadi Sumber Muatan Listrik Yang Mampu Memancarkan Gelombang Inframerah dan Ion Negatif. Saat Ini Telah Di Ketahui Sebagai fakta Batu Tourmaline Dapat Membantu Proses Detoksifikasi Tanpa Terlihat.

Untuk Itu Pastikan Jaga Kesehatan Anda Dengan ALat Terapi Pinggang Lysmelora Asli.